At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Saturday, April 16, 2011

Self Reminder


Dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata:
“Jika seorang mukmin dimasukkan ke kuburnya, shalatnya berada di sebelah kanannya, zakatnya di sebelah kirinya, kebajikannya menaunginya, dan kesabarannya di sisinya. Ketika malaikat Munkar dan Nakir datang yang pertanyaannya ditakuti, maka kesabarannya berkata pada shalatnya, zakat dan kebajikannya. Akulah yang akan mendampinginya jika kamu tidak mampu menghadapinya”


Ditengah-tengah waktu kursus yang kira-kira berdurasi 1.5 jam, biasanya saya kasi break slama kurang lebih 5 menit buat istirahat, minum ato whatever mreka mo ngapain aja.

Dan malem itu, pas lagi break dua kaka beradek yang umurnya 7 n 9 tahun, ngobrol-ngobrol sambil makan snack.

Adek : "Kaka tau ga, nanti kalo kita meninggal, didalem kubur tar ditanya lho sama malaikat"
Kaka : "gimana emang .."
Adek : "nanti kita ditanya 'man rabbuka' .. getuu"
kaka : "apa itu man rabbuka?? ko aku engga tau"
Adek : "itu bahasa arab, artinya siapa Tuhanmu"
Kaka : "emang di dalam kubur nanti ditanyanya pake bahasa arab ya?"
Adek : "he-eh .. *ngangguk-ngangguk.. "

[Hening]

Adek : "ko diem kenapa Ka.."
Kaka : "Kaka lagi mikirin nenek. Pasti sekarang nenek kebingungan, kan nenek ga bisa bahasa arab, mana bisa jawab pertanyaan malaikat"

oouuchhhh!!! I was just speechless.

[sebuah nasehat yang saya katakan pada diri sendiri]
Jika kematian telah menjemput, segala yang ada di dunia ini menjadi tidak berarti. Kecantikan yang kita agung-agungkan, harta dan materi yang mati-matian kita cari siang malam, juga segala keindahan yang kita impikan. Tak ada yang akan kita bawa, selain amal ibadah dan kebajikan. Jadi, mengapa kadang kita mati-matian mencari sesuatu yang tak akan kita bawa mati? dan seringkali justru kita lupa memperbanyak 'bekal ibadah' yang akan kita bawa untuk kehidupan yang lebih abadi.

Semoga, kita semua akan meninggalkan dunia yang fana ini dalam keadaan khusnul khatimah dan dijauhkan dari siksa kubur, amin .. amin ya rabb.

No comments: