At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Thursday, November 22, 2012

Cooking Class [Bikin Bakso]



Stelah skian lama akhirnya ikut cooking class lagi :D .. kebetulan pas ada waktu n pas itu ga ngerti knapa pengen banged bisa bikin bakso. Padahal scara pribadi aku bukan penyuka bakso. Tapi kayaknya si suami demen sama yang namanya mie ayam n bakso. Yasudalah ya.. siapa tau nanti bisa skalian bikinin suami n berlanjut ke warung bakso hahaha.. amiiiin 1.000.000 kali.

Kemaren cooking class nya di Gourmet House yang ada di Jl. Gajahmada Semarang. Yang ngajar namanya Chef Gede Sumantra. Orangnya asik, komunikatif n banyak banged nularin ilmu-ilmunya di bidang kuliner. Belio ini udah 26 tahun malang melintang banting tulang di dunia per-koki-an. Trakhir, belio menjabat sebagai executive chef di Sheraton Macau. Chef Gede ini aslinya dari Bali. Ga dikasi tau sih darimana asal si Chef ini, tapi kan ktahuan dari cara bicara n namanya ya kalo dia orang Bali hahaha :))

Yang ikutan kelas masak ini lumayan banyak, skitaran 12 orang n dibagi dalam 3 kelompok. Bikinnya bakso urat, bakso isi telur puyuh, bakso daging n tahu bakso. Diajarin juga cara buat kuahnya. Yang bikin agak beda, di resep baksonya  Chef Gede menambahkan sedikit minyak wijen which is jarang ya dipake di resep-resep bakso yang pernah aku liat. Juga di kuah baksonya yang dimana irisan bumbunya (bawang putih n bawang merah) engga perlu dikupas. Kulit dari bawang merah n putih tersebut justru akan menambah aroma.

Hasilnya enak kok.. kuahnya bening, bersih n berbumbu. Pas udah didiemin beberapa lama getu engga jadi berlemak ato orang jawa bilangnya bergajihh kayak bakso yang biasanya aku beli di warung-warung :D

"Memasak itu adalah tentang mengolah rasa. Hati yang pemarah tidak akan bisa menghasilkan makanan yang menggugah selera" 
[Chef Gede]



No comments: