At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Thursday, November 18, 2010

TKWsayang .. TKWmalang



Sedang mau asal bicara soal tenaga kerja wanita di luar negri, setelah mendengar -lagilagi- ada penyiksaan, fyuhhh ...

Saya pernah ktemu dengan seorang maid lagi gendong anak didepan Carrefour Maadi-Kairo, pas kbetulan lagi sama-sama antre di depan booth yang jual kentang goreng. Tiba-tiba, si mbak maksa pengen ikut saya, karna dia ga betah n pengen pulang, kangen sama keluarga, ga paham apa yang diperintah majikan, ga cocok makanan dll. Dia baru berumur 16 tahun (OMG!!) n baru sekitar 2 bulanan kerja ikut majikan di Kuwait. Dengan berat hati saya ga bisa bantu, syapa saya?? tar malah dikira kabur bawa pembantu orang, masuk ke penjara kayak si fakhri ayat-ayat cinta :D dan mbak itu mewek, memandang saya dengan tatapan kecewa .. truly sorryyy :((

Kejadian lagi, pas makan malem di sbuah resto. Di meja samping saya ada rombongan keluarga kecil. Suami istri Arabian dengan satu anak balita dan maid-nya yang orang indonesia which is kliatan banged kalo masih baru n muda belia. Kok tau kalo masi baru?? kan kliatan dari cara bersikap, cara berpakean, dan ... cara dandannya :)

Saat makanan udah dateng, si ibu-ibu tadi ngomong sama maid-nya buat makan entar aja, stelah mreka slese. Jadi suruh pegangin n ajak kluar anaknya dulu. Sbenernya 'perintah' yang simpel, tapi karna si maid ga ngerti, ga ngeh, ga paham jadi dia cuman bengong n kliatan bingung, ngomong apaaa pula ni orang. Sampe berkali-kali si ibu-ibu tadi ngomong, n coba juga translate ke bhs inggris, tapi tetep aja si maid bengong n bingung, mau nangis, dikiranya majikan marah-marah (padahal mreka ngomong aja emang kayak orang marah. Kalo marah? bisa kayak singa lapar mwuhihihihi). Finally anak mreka yang rewel diajak keluar ama si suami. Dan si maid malah makan malem berdua sama si majikan ceweknya wohahahha .... eh waktu itu saya ga ktawa, tapi serba salah, kasian, n rasanya pengen nyamperin buat kasih tau, bgini lho mbak maksudnya ...

Kalo denger soal penyiksaan2 getu rasanya miris banged, apalagi kalo mreka itu diberangkatkan secara ilegal. Banyak dari mereka yang masih polos, lugu, paksaan orang tua dll, dimana mreka sebenernya belom siap buat bekerja, apalagi di tempet yang jauh bener dari keluarganya. Masi terlalu muda, mungkin lulusan SMP, ga ada bekal yang matang soal bhs asing, mental yang -saya yakin- masi sangat ga siap, lalu berangkat buat 'kerja keras' di negeri yang sama sekali mreka ga ada gambaran ... mashalla ..

Dan kalo ada penyiksaan begini, lalu muncul soal pelarangan mengirim tenaga kerja. Tapi.. yaah... tapi getu ... hasilnya slalu yahh ... getu :((

Muncullah solusi-solusi ga penting saya...

- TKW ga perlu dilarang, tapi hendaknya lebih dipersiapkan secara profesional. Jadi kedepannya mreka ga 'cuman' berlabel pembantu, tapi bisa juga dibilang seorang pekerja yang mumpuni. Saya pikir, pekerjaan mengurus rumah tangga itu bukan hal yang mudah (benar kan Ibu-ibu??). Jadi, orang-orang yang bekerja dibidang itu juga harus mempersiapkan dirinya secara sungguh-sungguh. Hal simpel seperti memakai kompor gas (bisa jadi kan mreka dirumah ga pernah pake kompor gas/listrik), cara masak, cara membersihkan rumah n barang-barang perhiasan yang terbuat dari perak, keramik dll. Hal-hal yang sangat sederhana, tapi pengetahuan dasar mengenai bagaimana seharusnya mengatur rumah tangga adalah hal yang wajib dimiliki para calon pekerja, karna disitulah bidang yang akan mereka geluti.

- Pembekalan bahasa inggris/arab yang baik, minimal selama 6 bulan. Jadi kalo slama 6 bulan ga paham-paham juga ya jangan harap bisa berangkutt!!! sana balik ke kampung halaman :D
Hal penting juga, belajar dialek dimana para pekerja itu akan ditempatkan. Jadi ga sekedar belajar bahasanya, tapi gimana juga cara penduduk asli itu melafalkannya. So, si majikan ga perlu melotot terus karna dia ngomong ga ada tanggapan hehehe

- Belajar mengenai kebiasaan dan adat yang berlaku di negara yang akan mereka datangi. Misal ke Arab, berarti harus memahami gimana adat orang-orang seperti mereka. Soal kebiasaan makan, cara mereka mengasuh anak, cara berbicara dengan orang lain, cara bergaul, cara berinteraksi dan lain sebagainya. Jika minimal calon pekerja mengetahui hal ini, mungkin mreka akan punya sedikit gambaran n ga blank soal bagaimana nanti majikan n lingkungannya. Kalo yang pernah punya teman sesama pekerja mungkin ga masalah karna bisa jadi mreka tergiur karna pengalaman sang teman, n pastinya sudah banyak dengar cerita. Tapi bagi yang ga tau sama skali pastinya bekal2 sperti itu penting banged

- Kalo yang mau ke Arab, orang Arab mempunyai tabiat gampang marah n emosi, or at least suara mereka sering menggelegar jadi seringkali terdengar seperti orang marah. Jika hal-hal yang mnurut mreka adalah sesuatu yang kecil, tapi ketika si maid disuruh n ga paham-paham juga karna ga ngerti ngomong apa, pasti mreka jengkel n snewen. Bahasa ekstrimnya, sama anak aja bisa galak bener n kasar apalagi sama pekerja? yang mnurut mreka udah dibayar mahal-mahal. Salah syapa cobba?? meski tindakan sampe nyiram-nyiram air panas n gunting-gunting itu sih udah ga waras banged

- Kalo penempatan TKI/TKW itu dihentikan, pemerintah harus punya solusi mengenai pemberdayaan tenaga kerja. Masalah klasik... solusi yang real adalah memberikan pelayanan secara resmi n profesional untuk pengiriman tenaga kerja. Jadi yang kerja kesana sbenernya para tenaga yang profesional dibidangnya, telah terlatih dengan baik, meski mereka hanya lulusan smp/smu. Bukan orang-orang yang 'nekat' mau kerja karna tekanan ekonomi, paksaan orang tua n ga ngerti mo kerja apa lagi di negeri Indonesia ini selain jadi pembantu di negeri orang.

Dan menjadi pembantu pastinya juga bukan pekerjaan yang hina jadi tidak sepantasnya mereka diperlakukan kurang baik. Gimana mo dihargai di negara orang, sedangkan di negri sendiri aja para pekerja ato calon pekerja itu sering diperlakukan seenak jidat sama petugas, baik di bandara ato di tempet lain, hanya karna label mereka sebagai pembantu. sigh ... beberapa kali saya liat, petugas boarding kalo ama orang2 yang keliatan berduit n berpakaian bagus sikapnya melunak, tapi kalo giliran yang maju para calon pekerja, mreka kayak udah ngadepin pengemis aja, ngomongnya kurang sopan, kadang kasar, maen intimidasi soal bagasi, bener-bener dehhh ...
Dan paling penting, pemerintah juga musti tegas sama oknum-oknum yang melakukan pengiriman tenaga kerja secara ilegal, huhhh ..

Intermezzo :
Once upon a time ada mahasiswa Kairo, baru beberapa minggu datang. Pas lagi antre beli makanan, ditanya sama penjual, 'TAKEAWAY??' dan mahasiswa itu pun marah, 'apppa?? ennak aja, saya bukan TKW, saya mahasiswa tauukkkk' mwhuahhahaha ... *based on true story ehehehe :P

Saturday, November 13, 2010

Menjelang Idul Adha


Lebaran haji tinggal beberapa hari lagi. Udah kebayang-bayang di kepala nanti daging sapi dan daging kambing mo dimasak apa aja whohahahha .. dasar ni otak isinya makanan dan barang dapur, emang dapeeet getu jatah daging. Eh iyyaaa pastiilah .. masjidnya cuman beberapa jengkal, ga dikasi ya datengin aja :D

Di komplek rumah saya, isinya cuman beberapa glintir rumah n manusia kurang lebih sekitar 150 rumah, en ga smuanya penuh. Jadi kadang-kadang berasa ada di pondok pesantren mini. Mo ada kumpulan ngaji pengumuman di masjid, mo ada arisan pengumunan di masjid, sampe mo ada coblosan pemilu juga si petugas koar-koar ribet di masjid buat manggilin Bapak2 dan Ibu2 yang susah bener disuruh ikut pemilihan mwuhahaha ... dan kalo mo 'keluar' dari komplek kita musti ngelewatin satpam, senyum-senyum .. pondok banged kann :P Di masjid juga, setiap sore ada kegiatan ngaji, tiap kamis malem ada tauziah, pengajian Ibu-ibu, rapat berbagai kegiatan, arisan remaja .. lengkap ya hihi

Dan lebaran tahun ini, di masjid kita rencananya ada 4 ekor sapi dan beberapa kambing. Biasanya sebagian daging diolah n dimasak para Ibu-ibu buat dimakan rame-rame depan masjid, sampe acara potong memotong, menimbang, bungkusin n bagi-bagi daging ke sluruh komplek selesai. Pembagian daging juga ga cuman di komplek aja, tapi buat para penduduk di luar prumahan secara kalo 4 ekor sapi ditambah beberapa kambing bakalan overload kalo hanya dibagiin didalem.

Karna 'rencananya' mau dapet daging berkilos-kilos, saya bikin beberapa nominasi resep yang kayaknya assik buat dimasak ..

and the nominees are ..
Empal Gepuk
Soto Betawi
Sate Padang dan Sate Manis
Rendang
Rawon
Bistik Jawa
Semur Daging
  
pollcode.com free polls


Rasanya smua menggiurkan *netes seketika. And the winner goes to ... I'll tell U later :D

Happy Eid el Adha (or Eid el Kibir in Egypt) to our fellows all over the world

Monday, November 08, 2010

Our homegrown veggies




So, pas pagi-pagi bangun tidur kita dikejutkan sama taneman-taneman di halaman belakang yang tinggal batangnya doank. Trus serumah sibuk nyari kambing hitam. Soalnya dulu pernah kejadian gara-gara saya ga paham soal taneman, abis acara bikin kue trus air kukusan yang masi panas itu saya siramkan ke pohon cabe di dalem pot yang udah lumayan mulai berbuah banyak. Dan hasilnya si pohon beserta cabe-cabe mungilnya layu n mati dengan sukses, mwuhahahhaa ... sore-sore kena damprat!! jelas aja tu mati orang disiram pake air panassssss, knapa ga disiram minyak dari penggorengan skalian .. *hihihihi taneman juga ga tahan air panas juga tohhh, sok bego

Balik ke taneman tadi, kita sepakat kalo tersangka utama yang ga tau diri itu si tikus yang suka berkeliaran di halaman belakang. Oh kayaknya si tikus has gone crazy. Pohon cabe itu dilalap habis sampe tinggal batangnya doank, bahkan cabe-cabenya pun dimakan. Taneman kangkung yang udah tumbuh subur dan menggemuk di beberapa pot juga raib disisain batang-batangnya aja, juga taneman tomat bernasib sama. Iiihhhh tikkuuusssss ... yang masi utuh cuman taneman bumbu kencur sama serai, mungkin engga doyan kali tu si tikus sama jenis bumbu dapur :D bunga-bunga juga masih utuh. Humm mungkin si tikus vegetarian ... hummm baiklah, spertinya besok-besok kita tanem aja jenis umbi-umbian semacam singkong dan kentang, masa si tikus mau grogotin sampe kedalem-dalem tanah whuhehehhee ...

Well, yang niatnya mo nyoba masak dari hasil homegrown malah jadi santapan tu si tikus ga tau diri, sigh. Hey raaaaatsss, balikin kangkung, cabe dan tomat kitaaaaaa :((

Sunday, November 07, 2010

Life Lessons



Face off your difficulties with patience; and fence in your blessings with thankfulness.
[Ali radi Allah anhu]

Article below taken from here

1: Stuff happens and sometimes it isn’t fair
We are all dealt a different hand in life, it is how we deal with it that matters. So focus on living with what you’ve got and dump any perceived injustices. Life’s unfair – get over it!

2: Life is a transition – have no regrets
It is very easy to become set in our ways, to live in our comfort zone and to think that things are forever. Remember that everything is just a moment in time, the future is unknown and the only guarantee is that it will be different! Every experience you’ve already had has now gone. So recognise the transitional nature of everything – enjoy it and then let go. Regrets get you nowhere, reframe regrets into learning.

3: Become flexible
In today’s world, flexibility is a must! The goal posts change in even the best laid plans – and “stuff” will happen to those plans. Expect change, plan for it.

4: It isn’t a popularity contest – you don’t have to please everyone
Accept that not everyone will like you, so focus your time and energy on the people that do like and appreciate you. If other people expend energy on not liking you, that’s their “small stuff” – just ignore it.

5: Practice calm
Be the calm in the eye of the storm. You do not need to be stressed and panicked just because the people around you are stressed and panicked. Take time to work out what you can and can’t influence and focus only on that.

6: Don’t live your life in the ER
When we turn little things into urgent actions, our whole life becomes a constant emergency. Become aware of how often you get angry, frustrated, overwhelmed by what in reality is small stuff. Put a name to your triggers and learn to catch yourself.

7: Will it matter tomorrow?
Remember, today’s news is tomorrow’s chip paper. If it won’t matter tomorrow, it is likely to be small stuff and not worth bothering about.

As the esteemed author Steven Covey famously demonstrates in his “First things First” seminars, if you don’t tackle your big objectives first, you will never find the time to tackle them at all.

The reason people like Tamara Mellon succeed is because they focus all their energy on their “Big Hairy Audacious Goals” and do not waste their time on the small stuff – it’s a good lesson for us all.


Thursday, November 04, 2010

(-..-)


Banyak yang suggest saya buat buka les privat, bahkan kadang cape ditanya-tanya knapa ga buka les privat ajjaaa??? knapa ga jadi guru TK ajjaa?? apa tampang saya itu bermuka guru TK banged ya?? -..-

Well, kali ini saya pikir ga ada salahnya ngikutin suggest orang-orang yang baek itu whehehhee. Skarang saya butuh persiapan .. smoga lancar .. doanya smuaa *wink ...

Wednesday, November 03, 2010

Separate Ways


Why don't we go our separate ways
Just realise we've nothing left to say
Neither of us wants to compromise
Too many secrets, jealousy and lies

I don't even know why we've been tripping for so long
It's not like we both don't understand what's right from wrong
Seems like we cant get along no more so why don't we just go
Shut the door as there ain't no love here anymore?


(Song: Separate Ways by Craig David)

Tuesday, November 02, 2010

DOA



“Dan aku pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang2 yg sabar”
(QS.Al-Baqarah :155)



Semoga ujian yang Engkau berikan ini bisa menjadikan kami lebih dewasa dalam bersikap, bersabar dengan setiap masalah dan selalu ikhlas menerima setiap ketentuan-Mu, amin ...