At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Monday, January 25, 2010

Cooking Class Part I

Ketika di Kairo, saya selalu masak atau bikin kue sendiri. Disamping senang dan betah di dapur, juga karna masakan-masakan atau kue-kue yang biasa kita temui di Indonesia tidak selalu, bahkan sangat susah ditemui.

Setahun lebih di Indonesia, saya masih sering memasak, tapi tidak dengan membuat kue, sekalipun belum!! :((
Kangen pastinya, dengan oven, mixer, baking tray, whisk, cookie cutter yang lucu-lucu, dan yang utama bau harum saat kue dikeluarkan dari panggangan, hmmmm...how lovely.

Saya selalu search di internet tentang tempat-tempat seperti baking school, culinary institute atau kursus-kursus membuat kue yang ada di semarang. Sampai pada akhirnya nemuin tempat yang ga terlalu jauh dari rumah, bersih dan mereka membuka cooking class harian yang diajar langsung oleh para chef-chef ahli. Yaaayyyy....happy..happy!!

Setelah daftar shari sebelumnya, tepat dihari jumat meluncurlah saya ke Gourmet House yang ada di Jl.Gajahmada semarang, berdampingan dengan gedung HSBC, depan Ciputra mall. Jam 10 tepat, Chef Wayan manggil kita seluruh peserta yang berjumlah 16 orang ke dapur yang lumayan besar, lengkap dan dingin. Hmmm....kebayang banged gimana rasanya kalo punya dapur senyaman ini, bakalan 24 jam betah di dapur :)

Pertama, kita dikasi resep yang mau dibikin, diberi teori mengenai pembuatan kue, pengenalan bahan-bahan dan gambaran mengenai kue yang akan kita buat. Setelah kurang lebih 15 menit presentasi, Chef Wayan yang super sabar ini membagi kita dalam 4 kelompok, which is per-kelompok ada 4 orang yang akan saling bahu membahu membuat 3 kue yang udah ditentukan yaitu apple pie, baked cheese cake n chocolate mousse cake.

Aku satu kelompok sama Bu Jenny yang super lembut, Tati yang cute n cekatan, en Nathan yang udah lumayan expert coz dia selain pernah sekolah pastry di bali, juga punya usaha homemade cake sendiri.

Lanjut dari yang pertama tadi, kita berempat langsung mulai berbagi tugas. Yang kita buat lebih dulu adalah Apple pie. Nathan n Tati ngupasin apel trus dimasak untuk dijadikan isian pie, sedang aku n bu Jenny buat dough atau kulitnya. Ga butuh waktu lama, secara udah pada expert, hayahh..ga keitung dah berapa kali kita tereak cheeeef....ini gimanaaa :P

Stelah apple pie slese diproses, sambil nunggu waktu manggang kita bikin resep kedua, yaitu chiz cake. Agak beda juga coz biasanya chiz cake yang aku tau base-nya cukup dibuat dari biskuit itu, sedang resep dari chef wayan ini pembuatan dough-nya perlu proses mixer. Tapi hasilnya worthed...enak duuhh duuhh, ini salah satu yang paling fave.

Trakhir, kita bikin chocolate mousse cake yang realif simpel. Karna sponge cake yang dijadikan base dari mousse cake udah disediakan, jadi kita tinggal bikin adonan atasnya aja, timbang-timbang bahan, campur-campur, di mixer..jadi deh..n cake ini ga perlu dipanggang, cukup dimasukkan dalam almari es selama beberapa jam.

Ga terasa waktunya udah 4 jam, baru kerasa kaki pegel banged coz ga duduk sama skali. Dan taraaa...chef wayan mulai ngeluarin apple pie dari oven. Bau harum cinnamon langsung kesebar, wangii... Berturut-turut chiz cake juga dikeluarkan, tapi sayang karna kelupaan jadi atasnya agak sedikit gosong, hhfff..untung atasnya doang dikit, coba smuanya, gagaalll deuh.

Tepat jam 3, chef membagi kue dari masing-masing kelompok jadi 4 bagian, en 2 cup per-orang untuk mousse cake. Stelah bungkus-bungkus, pamitan, langsung meluncur pulang, ga sabar mengeksekusi kue-kue itu.

Thank you Chef Wayan...sampai jumpa di kelas berikutnya...







No comments: