At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Monday, September 26, 2011

Es Tung-Tung




Dari kecil saya suka banged yang namanya es puter. Ohiya, dulu di daerah saya nyebutnya ga es puter sih, tapi es tung-tung hahaha..soalnya si penjual itu dorong gerobak sambil mukul gong kecil yang kayak gamelan getu di sisi kanannya, n bunyinya tung tung tung, jadi kami nyebutnya es tung2 getude :D

Biasanya es puter itu dijual dalam berbagai macam pilihan. Ada yang ditaroh di cone trus atasnya diberi topping sagu mutiara, ada juga yang ditaroh diatas irisan roti tawar *kalo yang model begini hampir sama kayak penjual es potong yang ada di orchard road Singapore.

Tapi sekarang ini kebanyakan para penjual cuman nyediain es puter yang ditaroh dalam gelas plastik, n topping-nya come up in modern way lah hehehe.. stelah satu scoop es, diberi irisan roti n sagu mutiara, lalu diberi beberapa scoop es lagi, n terakhir dikasi topping skm coklat n taburan meisjes.

Karna di sebelah rumah saya dulu itu adalah juragan gerobak which is dia nyewain bermacam2 gerobak kayak gerobak mie ayam, es tung2, gandos (kue pancong) etc etc.. so sdikit banyak saya hapal gimana cara pembuatan es puter ato es tung2 tadi. Gimana engga, biasanya tiap minggu saya slalu nongkrongin n nungguin si pembuat es puter dari awal prepare bahan sampe muter2in esnya.

Prosesnya lamaaaa banged, n memeras tenaga, sama kayak buat bolang-baling n cakue getu. Eh, tau bolang-baling kan??? tauuuuu!!!

Kadang, saking betahnya nungguin si abang2 lagi pada buat es puter, saya sampe lupa pulang kerumah n musti ditarik2 dengan paksa sama mbak2 yang bantuin dirumah. Pulaaaaaaang, makaaaaannn!!!!

Dan sampe sekarang sih, saya masih suka es puter :D kalo di Semarang yang terkenal adalah es puter conglik, yang pertama kali buka di kota lama. Sekarang mreka udah buka cabang di deket mall Ciputra n di food court Pondok Daun. Rasanya enak, tapi ya
mahal banged yahhh untuk ukuran es puter hahhaha..dibandingin ama es puter si abang2 yang cuma 2000 rupiah. Rasanya juga beda lah ya..

Tiap pagi pas jam istirahat, di depan sekolah banyak bener yang jualan. Ada es puter, ada bakso ojek, lekker dll. Kadang rasanya pengen banged beli, tapi tengok kiri kanan kok ga ada guru-guru laen yang minat ya huahahaha..mau nyuruh murid beliin, bisa2 dimarahin sama mamahnya. akhirnya cuman bisa memandang para penjual dengan hati galau :X

2 comments:

nurhayati said...

salam kenal...
saya nur dari tangerang,
ada ga ya kreasi supaya es tung tung bisa laris manis untuk penjual yang kaki lima.. baik dari gerobaknya, atau kreasi esnya..
siapa tau bisa bantu orang untuk memajukan usahanya.. terimakasih
085711574816 ditunggu saran n infonya ya kak :)

nurhayati said...

salam kenal...
saya nur dari tangerang,
ada ga ya kreasi supaya es tung tung bisa laris manis untuk penjual yang kaki lima.. baik dari gerobaknya, atau kreasi esnya..
siapa tau bisa bantu orang untuk memajukan usahanya.. terimakasih
085711574816 ditunggu saran n infonya ya kak :)