At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Saturday, March 04, 2006

Friday With Mahshi

This weekend....so busy. Dari hari Kamis, 2 cewek mungil -Hala n Nada- putrinya Pak Bukhori nginep di rumah, kangen jugha ma mreka siyyy. Malemnya, ditemenin ama Hala Aku bikin mahshi pake daun kol (cabbage) coz dah lama ga makan mahshi. Asma -temen sekampus- yang biasanya sering bawa skarang mulei jarang-jarang, emang banyak tugas kul siyyy, maklum ooii :D

Sampe jam 3 Aku gulungin mahshi tu sorangan coz si Hala udah terkapar :) n skalian nylesein cucian yang numpuk slama 1 minggu. Paginya sih rencananya mo dateng ke acara IKMAS Cup coz Aku didaulat bwat jadi juri puisi (hiyyy mang bisa ya??) tapi akhirnya kita smuwa malah gak bisa bangunnn, so tireeed.


Niyy resep Mahshi yang a la Mae :

- 1/2 kg tomat diblender (ato praktisnya bisa diganti saus tomat Heinz)
- 3 ato 4 cup beras, direndam sampe lunak
- Daun buat mahshi (gethu ngomongnya ke tukang sayur di Mesir) ; daun ketumbar (coriander), paterseli n daun sabat (drill herbs). Smuwaa dipotong lembut
- Daun kol, dikukus ato direbus sampe layu (jangan kelamaan yehh)
- Bawang merah besar 2 biji
- Bawang putih 3 siung
- Lada, garam n gula secukupnya
- Bumbu mahshi instan (kalo pengen ajhaa)

* Bawang merah n putih dicincang n ditumis
Masukkan garam, lada, gula n tomat blender. masak hingga matang
* Campur beras, daun-daun dan bumbu mahshi instan.
Tuang adonan tomat kedalam beras, aduk.
Kalo sukha, tambahkan aja saus tomat
* Finishing : taruh satu sendok kecil adonan beras diatas daun kol, gulung. Ato taroh adonan kedalam terung, tomat, paprika (smuwa dah dibersihin isinya yupp)
*Susun mahshi didalam panci, beri samnah (butter) sedikit, tuangi kaldu lalu rebus dengan api kecil hinga matang.
Ready to serve.

No comments: