At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Wednesday, October 06, 2010

Tipe Pembeli



A customer is the most important visitor on our premises, he is not dependent on us. We are dependent on him. He is not an interruption in our work. He is the purpose of it. He is not an outsider in our business. He is part of it. We are not doing him a favor by serving him. He is doing us a favor by giving us an opportunity to do so.
Mahatma Gandhi

Bicara mengenai customer, saya ada beberapa pengalaman pribadi selama membuka toko baju. Dan saya sangat percaya jika mereka -para pembeli- adalah aset utama yang perlu kita jaga, kita hargai n kita perlakukan dengan baik. We serve them just the way we want to be served howkeeyh...

Setelah menimbang-nimbang *tssaaahhh, I classified them ke beberapa tipe whiehiehie...mari intip 'kelakukan' customer-customer tertjinta sayahh ...

- Tipe Penurut
Orang-orang yang bertipe seperti ini biasanya paling disukai sama penjual whihihhi yaeyalahhh...secara ga ribet. Mreka masuk toko, liat-liat, coba baju trus langsung taroh dimeja untuk dibayar. Ga ngedumel masalah harga, ga pake nawar, ga rewel... love them ehehehe. Jika menemui pembeli seperti ini, jaga hubungan baik dengan mereka, mengerti n paham apa yang menjadi keinginan mereka ... sesekali, beri mereka diskon harga karna sudah menjadi pelanggan... jadi akan slalu datang dan datang lagi :D

A satisfied customer is the best business strategy of all. Michael Leboeuf


- Tipe Penawar Tangguh
Ini nihhhh 'musuh besar' penjual..kadang juga saya di toko sering kesssseeellll karna ngeladenin pembeli yang kekeuh banged nawarnya. Duuuh dibilang harga pas tetep aja nawar, yesss I mean nawar, bukan minta diskon getu ya..jadi mreka slalu ngomong stengah harganya..ampuuun ini kan bukan di pasar, jadi brasa bakul cabe kalo lagi gini, gara-gara uang beberapa ribu sampe alot-alotan wmuahaihihihi.... n tetepppp, saya selalu menjawab dengan kekeuh pulakk..maaf mba/bu, ga bisaa (sambil terus melebarkan bibir kekanan 2cm kekiri 2cm)

*kualatttt, dulu waktu di kairo saya sering banged berdebat sengit dengan para penjual majalah n buku bekas di attaba flea market, gara-garanya kadang cuman minta diturunin harga 1pound aja. Pokoknya nawar sampe titik darah penghabisan... en ammu2 penjual itu sampe do'ooooh capeee...enti bittafsil alattuuul zay masriyyiiin wikikikikik...

Right or wrong, the customer is always right. Marshall Field


- Tipe Peragu
Udah milih, dicoba, taroh meja mau dibayar..tapi tiba-tiba dipegang-pegang lagi, mikir-mikir lagi...cocok ga yahh.. kadang dicoba lagi, diamat-amati lagi...duuuh jadi ga yahhh hihihi si pembeli bingung :D
Kalo ada pembeli seperti ini, harus pinter-pinter penjual meyakinkan bahwa dia ga salah udah memilih barang yang dia mau..tapi tetep, kita musti jujur dengan pendapat kita. Misal, ada orang yang badannya subur tapi dia milih baju yang dia suka banged, sayangnya pas dipake too fitted. Kadang ada pembeli yang pengen aja beli, ato kadang minta pendapat..gimana yah mba enaknya...nahh disini kita musti jujur pada pembeli, mungkin dengan suggest dia buat milih baju yang laen yang lebih pas.. intinya jangan sampai nge-force dia dengan kata2 yang manis meski aslinya ga cocok...prinsip yang penting laku is BIIG wrong..!

Penting juga, be honest dengan barang-barang yang kita jual. Kalo pas ternyata barang yang dimau pembeli ada yang sobek, ato ada noda ato kancing copot, sedangkan pembeli ga teliti...so kita sbagai penjual musti bilang terus terang biar pembeli ga kcewa. Word of mouth marketing itu penting bangeeed, kita ga mau kan pembeli itu kasih feedback yang buruk... :D

This may seem simple, but you need to give customers what they want, not what you think they want. And, if you do this, people will keep coming back. John Ilhan


- Tipe Rewel
Pembeli rewel mungkin ada dimana-mana, ga di toko kecil ato toko sebesar apapun..dan bisa jadi kita adalah salah satu bagian dari tipe ini :D ciri-ciri yang umum, kadang udah milih satu baju, udah dicoba..trus tanya, mba ini ga ada warna laen yahhh, ato mba..ini yang model lengan agak panjang, trus kerut di lengannya agak banyak, trus bla bla bla... ato malah kadang tanya, mba..ini bajunya yang laennya ga ada ya, ato mba..baju yang disimpen didalem ada ga... whiehihiehie... n bisa dipastikan, pembeli seperti ini jarang yang beli, mreka biasanya nanya-nanya barang ato model yang ga ada cuman buat excuse kalo mreka ga jadi beli.

Jenis rewel selanjutnya, pembeli yang seneng banged mencari-cari 'kecacatan' baju. Tar tau-tau bilang..ihh mba liat deh, resletingnya agak seret nihh *kita punya minyaknya ko :D, ato mba gimana nihh, ada benang yang keluar... *aaah mbaaa itu kan bisa digunting tho yaaa.. Biasanya mereka cari-cari getu biar harganya bisa dikurangi... mbaa..kan gini nihh bajunya, dikurangin donk harganya, gapapa kan..whihihi, aaah pembeli bisssaaa ajjjaaahhh..

Menghadapi pembeli seperti ini, kalo kita ikutan ngotot juga, alih-alih beli, tar dikira ngajak perang sodara :D bisa jadi, pembeli seperti ini menginginkan baju yang kita jual tapi uangnya kurang, atau bermaksud ingin menawar/minta diskon lebih ...

In the end, the customer doesn't know, or care, if you are small or large as an organisation.. she or he only focuses on the garment hanging on the rail in the store. Giorgio Armani



6 comments:

ndutyke said...

semoga laris manis tokonya yaaa ^^

pakabar mae? miss u so much!

Mae asti said...

amin amin ya rabbb ....

Hamdulilah baek Jeng Tykaa...masi di surabaya kah?? aku skarang di Semarang nihh :)

Miss U toooo

HH said...

mmmm sapa yaw....??

Mae asti said...

kenalan dulu kenalan dulu...

dv said...

waduu..jadi ngaca ke diri sendiri sbg customer ni,hhiihi..tq for share
sukses yaa usahanya :)

Mae asti said...

ahh kadang aku juga seorang customer yang menyebalkan hihihi...iya thankyuu darling, sukses buat km juga yahhh :)