At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Friday, April 22, 2011

Woman, We are beautiful as We are

Kemaren hari Kartini ya *iyyaaaaaa :D .. n well, hari Kartini selalu related sama yang namanya perjuangan emansipasi wanita dan soal kesetaraan jender.

Secara sederhana, sebenarnya saya kurang memahami apa itu feminisme dan segala keinginan untuk disetarakan dengan pria atau bahkan kemampuan untuk bisa melebihi mereka [pria], namun tidak melupakan kodrat sebagai wanita. Dalam islam, agama yang saya yakini.. pria dan wanita memiliki keistimewaan masing-masing. and afterall, semua mahkluk di hadapan Tuhan adalah sama, hanya ketakwaan dan iman yang membedakannya *aiiiih ;)

I simply understand that We as humans are created differently, and every of Us are unique and gifted.. jadi tanpa perlu berusaha untuk menjadi lebih, setara atau apapun, sangat penting untuk menghargai potensi diri, mengembangkannya, berpikir positif dan bersyukur.

Listen to your heart
Follow your joy
Trust yourself
Be authentic and be grateful.

Saya pernah membeli buku My Soul Is a Woman milik Annemarie Schimmel, masih tertinggal di Kairo :( isinya bagus dan sangat inspiring, tentang feminisme dalam islam dan bagaimana islam memuliakan wanita. Can't tell You more karna belom baca lagi mwuhehehe ... tunggu bukunya di kargoin ya :D

Tulisan dibawah ini saya ambil dari facebook seorang teman baik, dia menulis tentang keutamaan wanita dalam Islam. Dan setelah membaca ini, semoga kita makin berbahagia karna telah diciptakan sebagai wanita, dengan segala kelebihan dan kekurangan kita .. :)

- Wanita perlu taat kepada suami. Tapi tahukah, bahwa lelaki wajib taat kepada Ibunya 3 kali lebih utama daripada kepada Bapaknya.

- Wanita menerima warisan lebih sedikit dari pada laki-laki. Tapi tahukah bahwa harta itu menjadi milik pribadinya dan tidak perlu diserahkan kepada suaminya. Sementara apabila Lelaki menerima warisan, Ia perlu/wajib juga menggunakan hartanya untuk Isteri dan anak-anaknya.

- Wanita perlu bersusah payah mengandung dan melahirkan anak. Tapi tahukah bahwa setiap saat dia hamil, dia didoakan oleh segala umat, malaikat dan seluruh makhluk ALLAH di muka bumi ini. Dan tahukah, jika ia mati karena melahirkan maka baginya adalah Syahid dan Surga akan menantinya.

- Di akhirat kelak, seorang lelaki akan dipertanggung-jawabkan terhadap 4 wanita, yaitu: 1.Isterinya, 2.Ibunya, 3.Anak Perempuannya dan 4.Saudara Perempuannya.

Artinya: bagi seorang wanita tanggung jawab terhadapnya ditanggung oleh 4 orang lelaki. Yaitu: 1.Suaminya, 2.Ayahnya, 3.Anak Lelakinya dan 4.Saudara Lelakinya.

- Seorang wanita boleh memasuki melalui pintu surga yang manapun yang disukainya, cukup dengan 4 syarat saja, yaitu : Sholat 5 waktu, Puasa di bulan Ramadhan, Taat kepada Suaminya, dan Menjaga Kehormatannya.

- Seorang lelaki wajib berjihad fisabilillah. Sementara bagi wanita jika ia taat terhadap suaminya serta menunaikan tanggungjawabnya kepada ALLAH SWT, maka ia akan turut menerima pahala setara seperti pahala orang pergi berjihad fisabilillah tanpa perlu mengangkat senjata..!

Subhanallah.

No comments: