At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Tuesday, April 18, 2006

All About Colour

When you pick a colour scheme you set a mood.

Yaphh, karna reset telah membuktikan bahwa warna (apapun itu) memiliki efek yang sangat kuat terhadap diri kita. Ada warna yang membuat kita bisa merasa rileks, tenang, juga ada yang memberikan energi serta mendorong kita untuk terus semangat. Setiap warna, entah primary colour (warna dasar), pastel atau muted (warna-warna gelap) mempunyai kelebihannya sendiri-sendiri. Dibawah ini ada beberapa pilihan warna yang dikutip dari Your Home Magazines, edisi Des/Jan 2004.

Biru

Warna biru memberikan kesan spiritual dan rasa damai. Warna ini banyak digemari karna sangat cocok baik untuk suasana tradisional maupun kontemporer. Jika terlalu khawatir akan kesannya yang cool, pilih warna biru yang cenderung keungu-unguan (purpley blue).

Untuk kombinasi, biru dengan putih akan memberikan kesan klasik, sedangkan bila dikombinasikan dengan kuning, nuansa ceria akan muncul. Umumnya, warna biru juga cocok dikombinasikan dengan semua gradasi warna merah, pink juga oranye yang semuanya bisa memberikan semangat dalam hidup.

Meski tak mutlak, warna biru sangat cocok dan sesuai untuk kamar tidur, dapur dan kamar mandi.

Hijau

Hijau merupakan warna alam dan memberikan nuansa fresh. Sangat cocok dikolaborasikan dengan semua warna terutama pink, merah, dan turquoise. Warna-warna gradasi hijau seperti olive green (hijau zaitun) juga dark mossy (hijau lumut) sangat popular di jaman Victoria dan Edwardian di Eropa karna memberikan kesan elegan serta cocok untuk ruangan-ruangan yang memiliki luas tak seberapa. Gradasi warna-warna hijau pucat seperti hijau lemon (lime green) akan menambah suasana ruangan menjadi fresh dan terasa hidup.

Warna dengan gradasi hijau terang akan sangat cocok untuk dapur dan kamar mandi. Sedangkan untuk ruang studi dan ruang makan, warna hijau dengan gradasi cenderung ke warna gelap merupakan pilihan yang tepat.

Pink

Warna pink cerah dan pink flamboyan merupakan paduan yang romantis dan memberikan kesan hangat serta welcoming. Sedang warna pink rose dan terracotta (pink tua) menjadi paduan terbaik dan merupakan pilihan utama yang bisa diambil jika kita sedang merasa bingung dengan pilihan warna.

Warna pink yang dikombinasikan dengan putih akan memberikan nuansa muda, enerjik dan kesan yang innocent. Selain itu, pink juga serasi dipadukan dengan warna biru, hijau dan warna-warna natural. Sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang terkesan “dingin” dan ruang tamu serta kamar tidur.

Merah

The colour of passion, itu julukannya. Juga merupakan warna yang memberikan kesan berani dan exciting. Warna ini dapat menjadikan ruangan yang lapang menjadi terasa dramatik dan menyala. Biasanya warna merah cocok digunakan untuk ruang makan karna dipercaya dapat menstimulasi selera makan. Di dalam ruangan seperti kamar tidur, warna merah memberikan kesan dinding terlihat seperti merapat.

Warna merah dapat diaplikasikan di mana saja kita ingin memunculkan kesan dramatis. Warna hijau merupakan perpaduan yang saling bertentangan dengan merah namun tak salah bila diaplikasikan. Sedangkan kolaborasi antara merah dengan emas akan memberikan kesan eksotis dan indah. Sedang kesan bersih dan segar dihasilkan oleh perpaduan warna merah dengan putih.

Kuning

Warna kuning selalu memberikan kesan hangat dan ceria. Merupakan salah satu warna terbaik untuk memberikan kesan terang pada ruangan yang terasa gelap dan ruangan-ruangan yang menghadap ke utara. Warna eggy yellow (warna telur) memberikan kesan tradisional sedangkan warna-warna kuning terang cocok untuk nuansa mediteranian atau tropis.

Warna kuning cocok diaplikasikan di ruangan manapun, seperti hall yang akan memberikan kesan welcoming.
Untuk kombinasi, warna kuning serasi dipadukan dengan biru, hitam, abu-abu atau putih. Selain itu, warna-warna gradasi merah dan pink juga akan terlihat hangat dengan kuning.

No comments: