At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Daisypath Anniversary tickers

Friday, April 28, 2006

Sham eL Naseem

HoreYyy... spring is coming and the flowers are everywhere!! Di mesir sendiri biasanya kalow menjelang musim semi ada perayaan namanya sham el naseem yang kira-kira artinya "smell of the spring", meski ada juga yang mengartikan "the first day of spring". Sham el naseem ini biasanya jatuh 1 hari setelah perayaan paskah (easter). Kalo di Kairo mebbe gagh getuh rame, karna biasanya acara-acara festival diadain di Alexandria, tepatnya ditepian laut mediteranian. Jenis acara yang sering diadain biasanya festival layang-layang. Untuk tahun ini, Montaza Palace (mantan istananya raja farouk) mengadakan festival bunga, parade musik serta berbagai macam tarian.

Bagi sbagian orang, sham el naseem identik dengan easter dan orang-orang koptik (orang-orang non muslim beragama katolik) di Mesir. Menurut cerita dan kepercayaan (heuheuhe) katanya sigh orang-orang Mesir kuno yang pertama kali menghias telor dengan berbagai gambar dan warna-warni, yang skarang ini well-known banget pas easter.

Soal makanan, coz biasanya perayaan sham el naseem ini diadain di pantai, so menu yang sudah turun menurun ya salted fish yang dihidangkan bareng salad dan bawang merah.

No comments: