At bottom every man knows well enough that he/she is a unique being, only once on this earth -Nietzsche-

Friday, April 21, 2006

Painting Your Room, Liven Up The Days

Memilih warna bukanlah hal yang sulit bagi kita. Tetapi pada kenyataannya, kita sering bingung bahkan ragu ketika tiba saatnya harus menentukan warna untuk sebuah ruangan yang akan kita gunakan atau tempati. So...tak ada salahnya menilik beberapa

tips dari seorang Deco Masterclass dari Britain, Anna Richard R. yang membeberkan rahasianya tentang pemilihan warna di majalah Your Home terbitan UK.

Bila ingin menentukan skema warna dalam suatu ruangan, salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan memilih warna dari suatu barang dalam ruangan tersebut yang sekiranya menarik perhatian kita. Semisal gambar, lukisan, vas bunga, sarung bantal, sofa atau apa saja.

Tentukan proporsi warna dalam ruangan. Warna-warna gelap akan membuat ruangan terasa sempit dan akan lebih cocok bila diaplikasikan dalam satu bagian dinding saja dalam sebuah ruangan.

Jangan gunakan terlalu banyak warna dan tekstur secara bersamaan. Jika tak ingin ruangan terkesan penuh dan berat, kombinasikan warna-warna gelap dengan putih. Atau dengan alternatif lain jika ruangan bernuansa gelap, pilih hiasan atau aksesoris ruangan yang berwarna natural atau cerah. Bisa juga mengkombinasikan ruangan yang gelap dengan menambahkan korden jendela dengan warna natural atau lampu yang terang.

Warna putih terang terkadang akan menjadikan ruangan terasa seperti Rumah sakit. Jika kita ingin menentukan tema minimalis, perlu diperhatikan dalam pemilihan warna gradasi putih yang sebaiknya juga dikombinasikan dengan warna-warna natural yang lain seperti lilac atau hijau pucat (pale green) sehingga akan menghilangkan kesan dingin dan kaku dalam sebuah ruangan.

Lihat kondisi ruangan terlebih dahulu sebelum menentukan warna yang akan kita pilih. Jika ruangan mempunyai pencahayaan yang cukup maka kita bisa memilih warna-warna gelap. Sedangkan ruangan dengan pencahayaan yang kurang, terutama untuk ruangan-ruangan yang jarang terkena sinar matahari, akan sangat bagus bila kita memilih warna-warna pucat dan terang.

Warna-warna terang akan membuat ruangan yang sempit berkesan lapang karna warna-warna tersebut menjauhkan obyek dari dinding. Aplikasi warna putih untuk plafon atau langit-langit juga akan menambah ruangan menjadi berkesan tinggi. Sebaliknya, warna-warna gelap cenderung membuat ruangan yang lapang berkesan sempit.

Jika kita memiliki ruangan dengan bentuk memanjang dan sempit, maka pemilihan warna gelap untuk dinding yang sempit dan warna terang untuk dinding yang memanjang akan membuat ruangan terkesan lebar dan luas.

No comments: